Senin, 06 Juni 2011

cara Mencuci Rambut dengan benar



Saat mencuci rambut, seringkali kita tidak memperlakukan rambut secara benar, mulai dari pengaplikasian pertama, cara menggosok hingga membilasnya. Yang penting rambut bersih, segar, tidak lepek dan tidak bau.

Padahal, pencucian adalah langkah awal perawatan rambut yang paling penting dan mendasar. Karena itu penting mengetahui cara-cara keramas yang benar. Ahli tata rambut Alfons memberi beberapa tipsnya:

Pencucian

1. Setelah membasahi rambut, tuangkan shampo di telapak tangan, ratakan, lalu aplikasikan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

2. Garukkan/ gosokkan secara lembut menggunakan ujung jari tangan dengan gerakan memutar. Fokuskan penggosokan pada kulit kepala, karena kotoran rambut terbanyak (sel kulit mati, debu, minyak) ada di kulit kepala, baru ke tengah dan ujung rambut.

3. Ada baiknya jika proses pencucian dilakukan dua kali, terutama pada rambut panjang. Pada pencucian kedua, berikan massage ringan, namun jika rambut Anda berminyak, jangan massage terlalu keras karena akan menstimulir minyak lebih banyak.

4. Bilas sampai bersih, pastikan tidak ada sisa busa yang tertinggal.

Pemakaian Kondisioner

Mungkin banyak anggapan, keramas hanya perlu memakai shampo. Tapi sebenarnya kondisioner juga tidak kalah penting. Fungsinya untuk menghindari kekeringan setelah pencucian, juga membuat rambut lebih lembut.

Selain itu, penggunaan shampo dan kondisioner terpisah akan memberi hasil lebih optimal dibandingkan shampo 2 in One.

"Shampo dan kondisioner sifatnya berbeda. Shampo bersifat alkali atau basah, sementara kondisioner sifatnya asam. Jadi pada dasarnya tidak bisa disatukan. Tapi memang penggunaan shampo 2 in One lebih praktis, meskipun hasilnya kurang optimal," jelas Alfons.

Pemakaian kondisioner yang tepat adalah:

1. Usapkan kondisioner mulai dari bagian tengah hingga ke bawah

2. Berbeda dengan shampo, kondisioner tidak boleh mengenai kulit kepala. Ingat, kondisioner berbeda dengan krim untuk creambath atau hair mask. Hindari massage pada kulit kepala, karena akan menyebabkan rambut lepek dan susah ditata.

3. Diamkan lebih kurang 1 menit, lalu bilas sampai bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

 
Fashion Trend © 2011 | All Rights Reserved | About | Privacy Policy | Contact | Sitemap